MATERI 1 DIGITAL MARKETING
Digital branding banyak diterapkan
oleh bisnis saat ini. Pasalnya metode marketing ini, sangat efektif untuk
membangun kepercayaan pelanggan dan menjadi pembeda dengan kompetitor.
Terlebih di era saat ini, banyak konsumen
mencari informasi melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka juga menyukai
berbelanja secara daring. Oleh karena itu, membangun digital branding sangatlah
penting untuk bisnis.
Namun sebelum itu, Anda harus
mengetahui digital branding secara mendalam serta strategi ampuh untuk
mengenalkan bisnis Anda secara online. Yuk, pelajari selengkapnya pada ulasan
di bawah ini.
Apa itu Branding?
Branding adalah upaya yang dilakukan
bisnis untuk membuat usahanya dikenal publik dan membedakan dirinya dari
kompetitor. Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk kalimat, desain, atau
ide yang membuatnya mudah dikenali oleh publik.
Disi lain, bisa dikatakan bahwa
branding merupakan strategi kreatif untuk menunjukkan kepada calon pelanggan
mengenai siapa Anda, apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda aware, dan
mengapa begitu penting untuk bekerjasama
dengan Anda
Pengertian Digital Branding
Digital Branding adalah proses
membangun cerita dan kehadiran brand Anda di ruang digital. Oleh karena itu,
proses ini dilakukan melalui website, aplikasi, sosial media dan sejenisnya.
Digital branding adalah kunci untuk
membangun hubungan yang bermakna dengan target audiens Anda secara online. Anda
juga dapat dengan mudah mengenalkan produk Anda ke pelanggan dengan
memanfaatkan jaringan internet.
Setelah digital branding berhasil
Anda bagun, akan memudahkan langkan Anda kedepannya. Misalnya untuk menjalankan
strategi marketing baik untuk mengenalkan produk baru atau penawaran khusus
lainnya seperti diskon, paket bundling dan lainnya.
Kenapa Digital Branding Penting?
Sebagian besar orang mencari
informasi melalui internet. Hal ini menjadikannya penting bagi brand untuk
menjangkau target pelanggan dan mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang.
Namun sebelum itu, bisnis harus bisa
membangun digital branding yang kuat agar bisa menjangkau target pelanggan
mereka. Pasalnya, digital branding memungkinkan perusahaan mana pun untuk
mmenonjolkan keberadaannya dikenal di mana saja, bahkan hanya melalui telepon
gengam Anda.
Selain itu, masih ada banyak alasan
pentingnya digital branding seperti berikut:
– Membangun interaksi baik dengan
pelanggan
Anda bisa memanfaatkan digital
branding untuk membangun “image” bisnis Anda ramah terhadap pelanggan. Dimana
pelanggan lebih mudah untuk berinteraksi dengan Anda melalui branding yang Anda
bangun secara online. Misalnya Anda bisa membuat storytelling yang menceritakan
produk Anda melalui GIF atau konten-konten interaktif. Kemudian pada konten
tersebut, calon pelanggan diajak interaksi dengan menjawab pertanyaan yang Anda
berikan.
– Memorable
Anda bisa membuat konten-konten untuk
untuk membangun brandi Anda. Setelah itu Anda bisa membagikan konten tersebut
kesemua platform media sosial Anda agar mudah diingat oleh pelanggan. Selain
itu Anda juga bisa mengikuti tren yang sedang booming di internet.
– Mengenalkan brand Anda
Seperti yang dibahas sebelumnya,
internet merupakan cara terbaik untuk mengenalkan brand Anda. Hal ini bisa Anda
manfaatkan untuk mengenalkan keunikan produk Anda sehingga bisa menonjol
dibandingkan dengan kompetitor.
– Memperluas networking
Bebeda dengan branding konvensional,
dengan digital Anda tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Hal ini sangat
menguntungkan, sebab Anda bisa menjangkau lebih banyak koneksi. Dengan begitu,
membuka kesempatan Anda untuk bekerjasama dengan lebih banyak bisnis lainnya.
Apa Perbedaan Digital Branding dengan
Digital Marketing?
Terkadang sulit membedakan antara
digital branding dengan digital marketing. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada
perbedaan secara mendasar antara keduanya. Digital marketing fokus promosi atau
menjual produk, sedangkan digital branding fokus meningkatkan citra suatu brand
kepada audiens.
Untuk memudahkan Anda, berikut
perbedaan antara digital marketing dengan digital branding sebagai berikut:
Digital Branding
Digital Marketing
Fokus Membentuk
citra sebuah brand Promosi produk atau jasa Objektif Mempertahankan interest pelanggan Mendapat
atensi pelanggan (brand awareness)
Meningkatkan loyalitas pelanggan Meningkatkan penjualan Strategi. Digital
branding berlaku secara permanen Digital marketing tergantung pada beberapa
faktor dan sifatnya periodik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar